Apakah Anda memiliki mimpi tentang membuat game? Berikut adalah 5 alat pembuat game tanpa coding

Apakah Anda memiliki mimpi tentang membuat game? Berikut adalah 5 alat pembuat game tanpa coding

Apakah Anda memiliki mimpi tentang membuat game? Berikut adalah 5 alat pembuat game tanpa coding

Siapa yang tidak tertarik dengan game? Banyak orang tertarik bermain video game. Mulai dari game di perangkat komputer atau smartphone atau smartphone, semuanya memiliki penggemarnya masing-masing. Jenis atau genre gamenya pun beragam mulai dari game RPG, tycoon, adventure, action dan sports dan yang sedang populer saat ini adalah game bergenre MOBA.

Untuk pengembang perangkat lunak, ini adalah peluang bagus untuk membuat game yang menarik. Sehingga bisnis game menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Lagi pula, banyak gamer yang tidak hanya puas dengan permainannya, tetapi juga ingin melakukannya. Sayangnya, mereka terkendala dengan adanya pemrograman. Pemrograman sendiri dipelajari oleh siswa SMK dengan fokus rekayasa perangkat lunak (RPL) atau mahasiswa program studi tertentu seperti ilmu komputer dan teknik elektro.

Tapi tunggu dulu, sekarang kamu tidak harus pintar-pintar memprogram untuk membuat game. Kenyataannya sekarang ini sudah ada tools atau software untuk membuat game tanpa harus tahu apa itu pemrograman. Lalu apa itu? Coba 5 alat untuk membuat game tanpa harus belajar coding.
1. Bangun 2
Gambar: uap

Salah satu alat pengembangan game non-coding pertama adalah Construct 2. Anda cukup mengandalkan logika drag-and-drop yang sudah ada di alat ini dan cukup isi semua aset yang dibuat, seperti gambar dan suara. Setelah dijalankan, game dibuat dengan mudah. Construct 2 sendiri khusus ditujukan untuk para pengembang game 2D seperti game platform.

Jika Anda masih bingung saat membuat game, Construct 2 juga menyediakan template. Sampai Anda baru saja memasukkan aset yang dibuat sebelumnya. Template sudah memiliki logika yang tersedia, jika tidak cukup Anda dapat menambahkannya. Jika tidak, masukkan saja asetnya. Jadi sangat mudah bagi Anda untuk membuat game 2D dengan konstruksi 2.

2. Pabrikan GG
Gambar: RPGMaker

Seperti Construct 2 yang hanya fokus pada game 2D, GG Maker bisa lebih dari itu. GG Maker juga bisa membuat game 2D dan 3D. Jadi jika kamu kurang puas hanya dengan membuat game 2D, kamu bisa menggunakan GG Maker untuk membuat game 2D dan 3D. Fitur menarik dari GG Maker adalah Graphically Assisted Scripting. Fungsi ini dapat menerapkan diagram alur secara visual. Jika Anda rajin, dengan menggunakan GG Maker Anda juga akan mempelajari cara kerja pemrograman secara bertahap. Jadi Anda tidak hanya dapat membuat game, tetapi juga mempelajari hal-hal baru.
3. Playmaker 8
Gambar: Yoyogames

Mirip dengan Construct 2, Game Maker 8 juga menggunakan drag and drop. Tanpa harus mengetahui kerumitan pemrograman, Game Maker 8 juga memungkinkan Anda membuat game sedikit lebih mudah. Fitur yang tersedia pada alat ini antara lain editor, objek game, ruangan, dan jalur. Anda juga dapat dengan mudah mencari di Google untuk tutorial tentang cara membuat game dengan Game Maker 8.
4. Studio Novel Visual TyranoBuilder
Gambar: uap

Apakah Anda suka membuat presentasi dengan Microsoft Power Point? Jika ya, coba alat ini untuk membuat game. Drag and drop juga menjadi andalan TyranoBuilder Visual Novel Studio dalam pengembangan game. Cukup seret dan lepas ke layar yang ditata seperti slide di Microsoft Power Point.

Alat ini juga memungkinkan Anda untuk fokus membuat cerita game. Namun, jika Anda seorang programmer berpengalaman dan ingin membuat game lebih profesional, TyranoBuilder Visual Novel Studio juga menyediakan fitur scripting untuk menulis kode program. Ini berarti bahwa alat-alat ini dapat digunakan oleh kelompok-kelompok yang memiliki ketertarikan pada pemrograman serta oleh orang awam yang tidak memiliki pengetahuan pemrograman.

Baca Juga: 6 Game Moba Terbaik Yang Lagi Hot
5. Clickteam merger 2.5
gambar: amazon

apakah kamu pandai animasi Jika jawabannya ya, maka kamu pasti sangat menyukai alat yang satu ini. Mengapa demikian? Tanpa harus menerapkan logika apapun, Clickteam Fusion 2.5 menggunakan fungsi event frame-by-frame seperti membuat animasi dengan Adobe Flash. Mirip dengan GG Maker, alat ini juga dapat digunakan untuk membuat game 2D dan 3D.

Setelah membahas 5 tools di atas, apakah kamu lebih tertarik untuk membuat game? Selain itu, impian game Anda sendiri tidak lagi terhalang oleh pemrograman. Sarannya, sebaiknya buat game seintens mungkin tapi buat semenarik mungkin. Setelah selesai, coba daftar dengan perusahaan game

Sumber :