Candi Sukuh – Wikipedia bahasa Indonesia

Pura Karanganyar-Sukuh

Candi Sukuh - Wikipedia bahasa Indonesia

Candi Sukuh merupakan salah satu situs budaya di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang memiliki banyak keunikan. Kompleks candi Hindu ini diperkirakan dibangun pada abad ke-15 pada masa akhir Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Ratu Suhita.

Berbeda dengan candi-candi lain di Jawa Tengah, arsitektur Candi Sukuh Karanganyar sangat berbeda dari biasanya. Struktur bangunan Candi Sukuh Tawangmangu terlihat seperti bentuk piramida di Mesir.

Selain itu, bentuk wisata candi Sukuh juga cenderung menyerupai peninggalan suku Inca di Peru dan suku Maya di Meksiko. Dengan banyak hal menarik di dalamnya, tempat wisata di Karanganya yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan.

Tiket Masuk Candi Sukuh
Tiket Masuk Candi Sukuh
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/115379104830168819121

Eksplorasi wisata akhir pekan di Karanganyar ini memungkinkan Anda untuk menelusuri sejarah Candi Sukuh dengan berbagai cerita uniknya. Gambar-gambar Candi Sukuh bagus untuk dilihat dan disimak pada ulasan yang Anda baca kali ini.

Mitos Candi Sukuh yang terus berkembang membuat situs budaya Karanganyar ini semakin populer di kalangan banyak wisatawan. Selain bentuk bangunan candi yang berbeda, relief Candi Sukuh juga terbilang tidak biasa karena bentuknya yang diperdebatkan.

Relief Candi Sukuh memiliki efek erotis karena secara eksplisit menggambarkan alat kelamin manusia pada beberapa tokohnya. Entah bagaimana dulu dikatakan bahwa relief di Candi Sukuh berbentuk seperti ini.

Namun yang pasti, tidak semua relief candi Sukuh memiliki bentuk seperti itu. Ada juga bentuk relief yang memiliki bentuk biasa dengan cerita yang menarik.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menjelajahi Candi Sukuh dengan berjalan kaki di Karanganyar, Jawa Tengah. Tiket masuk Candi Sukuh hanya Rp. 10.000 per orang, sangat murah bukan?

Anda perlu mengetahui jam buka wisata Candi Sukuh terlebih dahulu. Candi Sukuh buka dari hari Senin sampai Minggu dari pukul 07:00 sampai 15:00 WIB.
Lokasi dan alamat rute
rute lokasi dan alamat Candi Sukuh
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/110160872049639602502

Situs Candi Sukuh berada di lereng barat Gunung Lawu pada ketinggian 1.186 meter di atas permukaan laut. Kawasan wisata Candi Sukuh dipenuhi dengan banyak pepohonan hijau yang membuat rasa rindang dan sejuk juga di sini.

Alamat Candi Sukuh berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari Alun-Alun Karanganyar sekitar 23 km dengan waktu tempuh 38 menit.

Sedangkan jarak dari Kecamatan Tawangmangu hanya sekitar 11 km dengan waktu tempuh 25 menit. Akses jalan menuju tempat wisata di Karanganyar ini sangat baik dan mudah dilalui dengan berbagai jenis kendaraan.

Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam perjalanan menuju Candi Sukuh. Namun jika Anda ingin kecepatan kendaraan lebih mudah saat berencana menuju Candi Sukuh, gunakan saja peta di bawah ini.

Kunjungi juga –> Candi Cetho
perabot
Fasilitas Candi Sukuh
Foto: https://www.instagram.com/sunu.widyatmoko/

Hal tersebut telah didukung oleh infrastruktur yang memadai untuk menunjang aktivitas dan aktivitas wisata selama berlibur dan beristirahat di sini. Dan berikut ini adalah fasilitas Candi Sukuh di Karanganyar yang antara lain :

Tempat parkir yang luas
Pusat Informasi Pariwisata
Toilet umum
Fasilitas air bersih
ruang sholat
stan wisata
Gazebo/tempat duduk
Akomodasi di dekat tempat
stan suvenir
Spot foto menarik

Memang pantas untuk mencoba mengisi waktu luang dengan jalan-jalan di sekitar area pura, melihat berbagai keunikan yang ada di sana. Perhatikan baik-baik berbagai relief dengan bentuk anti-mainstream yang menyimpan banyak masa lalu.

Nikmati berbagai keseruan yang ditawarkan Candi Sukuh untuk membuat momen Anda semakin berkesan dan tidak terlupakan kali ini. Dapatkan liburan impian berkualitas dengan mengunjungi situs budaya Candi Sukuh bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Sumber :