Cara Memindahkan File Media WhatsApp ke Memori Eksternal

Cara Memindahkan File Media WhatsApp ke Memori Eksternal

Memindahkan WhatsApp ke memori eksternal atau kartu SD memang trik yang cukup membantu. Seperti yang Anda ketahui, ukuran file media yang diunduh dari WhatsApp ke memori internal ponsel akan semakin besar dari hari ke hari.

Cara-Memindahkan-File-Media-WhatsApp-ke-Memori-Eksternal

Akibatnya, kapasitas memori bebas untuk aplikasi lain menjadi sangat terbatas. Ia bahkan dapat membuat memori penuh dan tidak dapat menginstal aplikasi lain.

Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk mengosongkan ruang memori internal untuk file media WhatsApp ini adalah dengan memindahkannya ke kartu SD.

Masalahnya hingga saat ini WhatsApp sendiri belum mendukung penyimpanan file media di SD Card, hal ini sudah dijelaskan di situs resminya:

Untuk saat ini, memindahkan WhatsApp ke kartu memori (kartu SD) tidak dimungkinkan. Kami sedang bekerja untuk meningkatkan ukuran dan penggunaan memori aplikasi kami. Sementara itu, jika Anda perlu mengosongkan ruang untuk WhatsApp, kami sarankan Anda memindahkan aplikasi dan file media lainnya ke kartu SD.

Bagaimana cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 5

Tapi tenang saja, dalam setiap batasan selalu ada trik mengakalinya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan trik cara mudah memindahkan WhatsApp ke kartu memori eksternal (SD Card).

1. Menggunakan aplikasi FolderMount (ROOT)

Metode pertama dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pemasangan folder bernama FolderMount. Aplikasi ini dapat membuat folder di memori internal yang dipasang di memori eksternal.

Dengan aplikasi ini, WhatsApp memungkinkan WhatsApp untuk tetap membaca folder penyimpanan di memori internal padahal datanya akan disimpan di memori eksternal.

Untuk menggunakan aplikasi ini, smartphone kita harus di-root. Langsung saja berikut cara memindahkan WhatsApp ke memori eksternal menggunakan aplikasi FolderMount:

Unduh dan instal aplikasi FolderMount dari Playstore

Setelah terinstal, buka aplikasinya. Pada menu List of Pairs, pilih ikon + di pojok kanan.
Bagaimana cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 2

Nanti akan muncul menu pengaturan folder pasangan seperti gambar di bawah ini:
Bagaimana cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 3

Bagian Nama berisi nama folder yang diinginkan. Dalam tutorial ini saya menamakannya dengan nama WhatsApp Eksternal.
Ketuk bagian Sumber lalu pilih folder media WhatsApp di memori internal. Lokasi default untuk WA di memori internal biasanya / penyimpanan / ditiru / 0 / WhatsApp / Media.
Ketuk pada bagian Tujuan lalu pilih lokasi di memori eksternal / kartu SD tempat kita akan menyimpan file WhatsApp nanti.
Bagian Kecualikan dari pemindaian media dapat diaktifkan atau dibiarkan tidak aktif. Fitur ini jika diaktifkan berfungsi untuk mencegah thumbnail duplikat muncul di galeri jika file WA lama di memori internal tidak terhapus.
Ketuk tanda centang di sudut kanan atas. Selesai. Kemudian WhatsApp akan secara otomatis menyimpan file baik gambar, foto, video, audio, dan file lainnya di memori eksternal kita.

2. Ubah lokasi pemasangan WhatsApp ke memori eksternal menggunakan Editor APK

Cara mengubah penyimpanan Whatsapp ke memori eksternal juga dapat dilakukan dengan mengubah lokasi pemasangan aplikasi ke kartu SD. Anda dapat melakukan trik ini dengan bantuan Editor APK.

Editor APK memungkinkan kita memodifikasi aplikasi android dengan mudah. Bahkan orang awam yang tidak mengerti bahasa pemrograman pun bisa melakukannya. Yang dimodifikasi adalah file Apk nya, jadi nanti WA harus di install ulang menggunakan Apk yang sudah dimodifikasi tersebut.

Untuk menyimpan media Whatsapp di kartu memori kita hanya perlu mengubah lokasi penginstalan default dari memori internal ke eksternal. Berikut langkah-langkahnya:

Unduh file WhatsApp Apk yang akan dimodifikasi nanti.

Unduh WhatsApp Apk

Instal Editor APK terbaru. Aplikasi APK Editor dapat diunduh dari tautan berikut:

Unduh APK Editor

Setelah selesai install, jalankan aplikasinya. Nanti akan muncul menu utama. Cukup pilih menu Select an Apk File.
Bagaimana cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 6

Pilih file WA Apk yang sudah di download tadi.
Bagaimana cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 7

Setelah memilih file Apk WA yang akan diedit, jendela pop-up akan muncul. Segera, pilih Edit Umum.
Cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 8

Melalui fitur edit umum ini, ada beberapa hal yang bisa dimodifikasi, mulai dari icon launcher, nama paket, hingga lokasi instalasi default. Bagian lain kami biarkan apa adanya, yang perlu diubah hanya di bagian Instal Lokasi.

Ketuk pada bagian Instal Lokasi lalu pilih Pilih Eksternal.
Bagaimana cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 9

Pilih simpan, lalu tutup Editor APK. Coba instal aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi tadi. Jika berhasil, WA akan dipasang di memori eksternal / kartu SD. File media WA seperti gambar, foto, video, dan dokumen juga akan otomatis terekam

 

Lihat Juga :

https://www.mobifrance.com/

https://bootb.com/