Buat catatan kaki dan catatan akhir dengan baik di MS Word
Membuat catatan kaki atau footnote merupakan kegiatan yang sering dilakukan dalam penulisan esai. Catatan kaki dapat berisi penjelasan singkat, komentar, dan referensi terhadap suatu kata atau frasa. Biasanya ada di bagian bawah halaman.
Alternatif lain untuk catatan kaki adalah catatan akhir atau endnotes. Fungsinya sama dengan catatan kaki. Bedanya, not terakhir ada di akhir kertas. Di Microsoft Word, itu setelah daftar pustaka atau bibliografi.
Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan fitur ini, mereka sering membuat catatan kaki secara manual. Dengan kata lain, buat sendiri. Akhirnya, susunan dokumen secara keseluruhan akan kacau.
Sebelum saya melanjutkan, saya harus menyebutkan bahwa saya menggunakan Microsoft Word 2016. MS Word untuk Mac tepatnya. Jika Anda tertarik, lihat Word di situs web Office 365 atau di Windows Store. Metodenya mungkin berbeda di versi lain.
Buat catatan kaki di Word
buat catatan kaki atau footnote
Seperti namanya, MS Word menyisipkan catatan kaki di bagian bawah halaman. kaki = kaki = bawah.
Tempatkan kursor di akhir kata atau frasa yang ingin Anda tambahkan catatan.
Klik tab Referensi.
Klik tombol Sisipkan Catatan Kaki.
Kursor bergerak ke bidang catatan di bagian bawah halaman.
— Masukkan informasi yang diminta.
tips: Klik dua kali penanda catatan kaki (angka atau tanda bintang) untuk mengembalikan kursor ke tempat Anda mengetik dokumen asli
Buat catatan akhir di MS Word
buat catatan akhir atau catatan akhir
MS Word menyisipkan catatan akhir di akhir dokumen. akhir = akhir.
Tempatkan kursor di akhir kata atau frasa yang ingin Anda tambahkan catatan.
Klik tab Referensi.
Klik tombol Sisipkan Catatan Akhir.
Kursor bergerak ke bidang catatan di akhir dokumen.
— Masukkan informasi yang diminta.
tips: Klik dua kali penanda catatan akhir (angka atau tanda bintang) untuk mengembalikan kursor ke tempat Anda mengetik dokumen asli
[irp posts=”43271″ name=”Buat judul dengan benar di MS Word”]
Mengatur catatan kaki dan catatan akhir di MS Word
Tetapkan catatan kaki dan catatan akhir
Manfaat menggunakan fitur footnote dan endnote di MS Word adalah Anda dapat mengatur semuanya sekaligus. Anda tidak harus memilih satu per satu. Mengorganisir dokumen lebih mudah.
Pada menu, klik Sisipkan > Catatan Kaki
Menu pop-up atau konteks muncul. Berisi berbagai pengaturan.
– Atur sesuka Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan keterbacaan.
Lokasi — Di mana catatan berada
Format — Tanda petunjuk di badan
Ubah – Berapa banyak yang telah Anda ubah
Klik Sisipkan.
Ubah catatan kaki atau catatan akhir
Ubah catatan kaki dan catatan akhir
Karena fungsinya sama, Anda harus memilih salah satu. Gunakan catatan kaki atau catatan akhir. Menggunakan keduanya hanya akan membingungkan pembaca.
Jika Anda telah menggunakan satu dan berubah pikiran, Anda dapat mengubahnya.
Pada menu, klik Sisipkan > Catatan Kaki
Menu pop-up atau konteks muncul. Berisi berbagai pengaturan.
— Klik Konversi.
Sebuah pop-up atau menu konteks lainnya muncul.
— Pilih salah satu opsi.
Menghapus catatan kaki dan catatan akhir
Hapus catatan kaki
Menghapus catatan kaki atau catatan akhir mungkin terdengar sepele. Tetapi jika tidak dilakukan dengan benar, catatan kaki atau akhiran dapat menjadi tidak teratur. Hapus di tempat yang tepat.
Pilih penanda catatan kaki atau catatan akhir di badan artikel. Tidak ada catatan di bagian bawah halaman atau di akhir artikel.
— Tip: Pada tab Referensi, klik tombol Catatan Kaki Berikutnya atau Catatan Akhir Berikutnya untuk membuka bookmark terkait.
Tekan Hapus.
—
Lihat juga
4 Kebiasaan Ini Penyebab Windows Lambat. Jangan lakukan lagi!
Dalam tutorialnya
Nah Anda bisa lihat. Membuat catatan kaki dan catatan akhir dengan benar memungkinkan dokumen diproses dengan mudah. Mulai dari mencari, mengubah, mengatur dll.
Bayangkan tidak menggunakannya. Meskipun karya tulis yang telah Anda lakukan lebih dari berapa ratus halaman. vertigo kan?
Sumber :