Jenis dan Fungsi Tulang Telapak Tangan Manusia

Fungsi Tulang Telapak Tangan – Pada pertemuan sebelumnya, Kabarkan.com telah memaparkan materi tentang fungsi tulang pergelangan tangan. Pada pertemuan kali ini, Kabarkan.com akan kembali menjelaskan kepada Anda fungsi tulang telapak tangan beserta penjelasan dan gambarnya. Untuk lebih jelasnya sobat bisa simak reviewnya sebagai berikut.

Pahami tulang telapak tangan

Apa tulang telapak tangan? Artinya, itu adalah salah satu struktur kerangka bagian tengah tangan yang menghubungkan tulang karpal atau (pergelangan tangan) ke falang atau (jari).

 

Jenis-dan-Fungsi-Tulang-Telapak-Tangan-Manusia

 

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://kabarkan.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Ada lima tulang metakarpal dengan semua tulang di telapak tangan terhubung ke falang proksimal dari semua jari yang masih terhubung.

Bagian tulang telapak tangan

Di bawah ini adalah 2 bagian utama dari pohon aren sebagai berikut:
Bagian yang keras

Pada bagian yang keras ini terdapat beberapa bagian tulang yang keras yaitu tulang yang menghubungkan tulang karpal. Ini adalah bagian tulang yang berbentuk melingkar dan juga pendek serta memiliki total 8 bagian. Kemudian salaing dihubungkan ke ujung tulang distal dan radial.
Bagian lembut

Kemudian pada bagian lunak terdapat berbagai jenis tulang yang memiliki peran masing-masing dan tersusun dari beberapa bagian yang saling mengikut, dengan tulang lunak juga pada telapak tangan, sehingga sangat rawan mengalami kerusakan seperti patah tulang.
Struktur tulang telapak tangan

Telapak tangan memiliki fungsi agar tangan bisa membentuk lekukan.

Dimana pada kedua sisinya tulang metakarpal menempel pada ibu jari dan juga kelingking sehingga dapat saling berinteraksi.

Kemudian tulang ini dapat melakukan gerakan independen secara anatomis sehingga kelima bantalan tulang metakarpal dapat melakukan gerakan yang berbeda.

Dalam hal ini urutan fiksasi tulang sangat bergantung pada metakarpal yang masih digunakan dan dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pada bagian ini saya akan menjelaskan urutan tulang yang menyusun telapak tangan manusia:

 

  • Tulang metakarpal pertama I

(yaitu sambungan ibu jari) dapat digambarkan sebagai tulang terpendek, kemudian yang paling lebar dan, dibandingkan dengan metracarpal lainnya, juga sangat kuat.

  • Tulang metakarpal II II:

yaitu tulang yang menghubungkan jari telunjuk dan lebih panjang dari kelima jari yang ada (kelingking)

  • Tulang metakarpal ketiga III:

Tulang yang menghubungkan jari tengah terletak di pangkal jari tengah dan dapat diklasifikasikan sebagai tulang metakarpal paling tajam di pangkal distal dibandingkan dengan jari-jari lainnya, disebut juga styloid.

  • Tulang metakarpal keempat IV:

Tulang yang menghubungkan jari manis sangat pendek dan lebih halus dari MC 2 atau MC 3, kemudian bujur sangkar dengan 3 atau 4 sisi.

  • Metakarpal kelima V:

yaitu tulang yang menghubungkan jari kelingking) dan termasuk metakarpal yang sangat tipis dan juga pendek dibandingkan dengan metakarpal non-pollical (yaitu bagian utama atau MC 1).

Hampir semua tulang di telapak tangan memiliki struktur yang sama:
Tungkai distal dikenal sebagai kepala dan juga dapat diartikan sebagai tulang phalanx proksimal jari.

Kemudian sendi tersebut juga dikenal sebagai sendi metacarpophalangeal. Yang juga dikenal sebagai benda di bagian poros tengah.

Kemudian badan atau batangnya memiliki bentuk seperti prismoid. Dan lekukan ayun adalah bagian untuk memperkenalkan lekuk telapak tangan. Karena kemiripannya dengan prisma, ia memiliki tiga permukaan: yaitu medial, lalu punggung dan lateral.

Sifat tulang sawit

Di bawah ini adalah beberapa ciri dari tulang telapak tangan yaitu sebagai berikut.

Ada yang tulangnya kecil atau (tulangnya pendek).
Ada berbagai jenis artikulasi di tulang yang menyusun telapak tangan Anda.
Tidak ada otot, tetapi hanya di ujungnya ada otot panjang di lengan bawah.
Gerakannya terbatas, seperti halnya sendi lainnya.
Memiliki berbagai jaringan ikat atau biasa dikenal dengan ligamen yang menjadi penghubung antar tulang.
Gerakannya didukung oleh berbagai otot
Biasanya terdapat berbagai tulang aksesori yang berbentuk seperti gumpalan tulang, sehingga dalam hal ini sering salah didiagnosis karena sering dianggap patah tulang, padahal sebenarnya bukan.

Fungsi tulang telapak tangan

Tahukah anda kalau tulang telapak tangan ini memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut:
1 Membentuk perangkat gerak
2 Buatlah bentuk telapak tangan
3 koneksi antara tulang jari dan tulang pergelangan tangan
4 bentuk seperti pergelangan kaki
5 Tempat otot menempel
Apa pohon palem?

Artinya, itu adalah salah satu struktur kerangka bagian tengah tangan yang menghubungkan tulang karpal atau (pergelangan tangan) ke falang atau (jari).

Lihat Juga : https://kabarkan.com/contoh-cerita-fantasi/