Penasaran? Ini Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat

Parkir Gaji parkir sangat mahal | Tidak ada tempat parkir sepeda motor atau mobil, hanya pesawat terbang!

gaji-tukang-parkir-pesawat

Jangankan bicara tentang gaji tukang parkir, kebanyakan pekerjaan parkir tidak memiliki pendapatan nominal tetap. _Eits…_ Tapi beda dengan tukang parkir yang satu ini, geng!

Alih-alih memarkir mobil atau motor, petugas parkir ini memarkirkan pesawat atau, lebih umum, marshaller dengan gaji selangit.

Peran marshaler dalam dunia penerbangan sangat penting, terutama bagi pilot yang ingin memarkir pesawat di tempat parkir pesawat atau apron.

Sama seperti park brothers yang sering kita jumpai di tempat parkir, marshaller juga bertanggung jawab untuk menginstruksikan pilot untuk memarkir pesawat pada posisi yang benar.
Celemek pesawat 8a24b

Biasanya, seorang marshaller memakai rompi keselamatan reflektif, helm dengan penutup telinga akustik dan satu atau dua stik LED dengan pegangan.

Selama bertugas, mereka memastikan jalur dan tempat parkir pesawat bebas dari benda dan orang asing sebelum saling berkoordinasi melalui isyarat gerak tubuh dan roda gigi.

Sinyal-sinyal yang diberikan kepada pilot oleh marshaler antara lain membelok, memperlambat, berhenti, dan mematikan mesin.

Ketika pesawat mendarat, pilot pertama-tama berkoordinasi dengan pengontrol lalu lintas udara di bandara dan kemudian berkomunikasi dengan teknisi pemeliharaan untuk memberikan informasi parkir kepada marshaler.

Terkadang marshal juga menginstruksikan pilot dengan mengendarai van atau truk dengan kata-kata “Ikuti Aku” di atasnya.

Untuk menjadi seorang marshaler tentu tidak mudah, ia harus mengarahkan pilot dengan jelas, tepat dan tanpa cacat. Selain itu, tidak boleh ada gesekan antara sayap pesawat.

Jumlah pekerjaan yang dibutuhkan kecepatan ini juga tidak main-main. Dalam satu hari, seorang marshaller bisa membantu pilot memarkir pesawat sebanyak lima kali, lho.

Jam kerja juga mencapai 13 jam dan memiliki sistem shift, biasanya dari pukul 06.00-19.00 dan 18.00-07.00 – menurut HopsID.

Parkir pesawat sepertinya salah satu pekerjaan dengan bayaran tertinggi di negara maju, sebagai marshaler bisa mendapatkan gaji Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar setahun, geng!

Seperti pekerjaan lainnya, gaji marshaler ditentukan oleh perusahaan atau maskapai yang mempekerjakannya, serta pengalaman profesional marshaler itu sendiri.

Menurut Arif Husni, marshaler Gapura Angkasa yang telah menjabat selama 10 tahun, gaji penjaga taman sekitar Rp 4-6 juta per bulan di Indonesia saja.

Gaji tersebut tidak termasuk tunjangan untuk pengetahuan khusus, pengalaman dan jam kerja, serta kenaikan gaji. Ini seperti PNS, bukan?

Ada juga kemungkinan seorang marshaler di Indonesia bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari geng, apalagi jika maskapai yang mempekerjakannya besar dan pengalamannya cukup mumpuni.

Nah, dengan tantangan dan tanggung jawab yang begitu besar, marshaler pantas mendapatkan gaji yang besar, bukan?

Sumber :