Gunung Singgalang: atraksi, tiket masuk, lokasi

Sumatera Barat memiliki beberapa destinasi wisata pendakian yang cukup keren. Salah satunya adalah Gunung Singgalang yang memiliki ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut.

Gunung Singgalang: atraksi, tiket masuk, lokasi

Tempat wisata pendakian ini merupakan gunung yang tidak aktif. Banyak orang yang mengatakan bahwa bentuk gunung ini sangat mirip dengan salah satu gunung berapi di Jawa Tengah yaitu Gunung Merbabu.

Gunung-Singgalang-atraksi-tiket-masuk-lokasi

Terutama dalam hal topografi dan lanskap. Itu terlihat serupa di atas. Namun, ada satu hal yang membedakan gunung ini dengan Merbabu.

Di puncak gunung ini terdapat sebuah danau yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki dan wisatawan. Danau ini disebut Danau Dewi.

Di Atas Gunung Singgalang

Mirip dengan Gunung Marapi, Singgalang juga terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Gunung setinggi 2.877 mdpl ini merupakan gugusan gunung berapi yang sudah lama mati. Tidak ada aktivitas di dapur magma.

Sebagian besar wilayah pegunungan ini merupakan hutan tropis yang lembab dan mudah menyerap air. Dengan kondisi tersebut, gunung ini memiliki cadangan air yang melimpah.

Keunikan gunung ini terletak pada keberadaan sebuah danau bernama Telaga Devi. Danau ini bernama Ranu Kumbolo ala Singgalang karena letaknya yang berada di ketinggian lebih dari 2.500 meter di atas permukaan laut.

Pembentukannya dimulai dari kawah mati, yang kemudian terisi air dan menjadi danau yang indah. Hingga akhirnya tempat ini menjadi daya tarik tersendiri dan juga primadona bagi para pendaki.

Lokasi Telaga Dewi sendiri berada di puncak gunung dengan ketinggian 2.765 mdpl. Air danau ini begitu tenang dan jernih sehingga Anda sering dapat melihat pantulan pepohonan di sekitar danau di permukaannya.
Landmark Gunung Singgalang

Danau Dewi Gunung Singgalang

Semua tempat wisata pasti memiliki daya tarik lain. Seperti gunung ini. Ada beberapa atraksi yang sayang untuk dilewatkan. Berikut daftarnya:

panorama singgalang

Gunung yang tinggi ini diselimuti oleh vegetasi hutan hujan tropis yang rimbun. Suasana dari bawah gunung hingga ke puncak gunung terasa sangat menyenangkan. Secara keseluruhan, optik yang muncul dari gunung ini masih sangat alami.

Saat mendaki Anda masih bisa merasakan udara pegunungan yang sangat bersih dan segar. Di sepanjang jalan setapak Anda dapat melihat barisan pepohonan dengan dedaunan hijau yang lebat.

Jarak antar pepohonan yang masih sempit membuat kontur medan berbukit terlihat begitu penuh. Sungguh gambaran alam yang sempurna.
laut dewi

Mendaki Singgalang memang cukup sulit karena jalur yang harus dilalui tidak hanya tinggi tetapi juga tidak mudah. Namun semua rasa lelah tersebut akan terbayar lunas sesampainya di Telaga Dewi.

Sebagai danau tertinggi di Sumatera Barat, danau alami ini menjadi ikon sekaligus tempat wisata yang sangat terkenal di Padang. Banyak pendaki di luar Sumatera Barat yang penasaran dan ingin segera mengunjungi danau ini.

Bahkan, bagi sebagian besar pendaki, danau ini sering menjadi tujuan akhir pendakian; bukan lagi klimaks.

Danau alam bekas kawah ini seluas 1 hektar. Di sekelilingnya ditumbuhi berbagai jenis vegetasi khas hutan hujan tropis.

Tak jauh dari tepi danau, yang tidak ditumbuhi pepohonan, terdapat area kecil tempat pemanjat tebing biasanya mendirikan tenda.

Saat tenda menghadap ke danau, pendaki bisa leluasa menikmati keindahan danau.

Saat cuaca cerah dan langit berwarna biru, permukaan air danau yang tenang menyerupai cermin besar. Cermin ini memantulkan keindahan langit, awan, dan pepohonan hijau di sekitarnya. Sungguh pemandangan yang memikat setiap orang yang melihatnya.
Fasilitas di Gunung Singgalang

Wisata Gunung Singgalang

Tidak banyak fasilitas yang bisa Anda temukan di Base Camp Pendakian Singgalang. Salah satu fasilitas yang tersedia adalah tempat parkir kendaraan yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan kendaraan.

Kemudian ada kantor pendaftaran yang juga berfungsi sebagai pusat informasi. Pendaki mendaftar disini, mengisi SIMAKSI dan juga membayar tiket masuk.

Masih di area yang sama terdapat fasilitas sanitasi dengan toilet untuk keperluan kebersihan dan MCK untuk pendaki.

Sejauh ini, belum ada warung makan yang menjual makanan atau minuman yang bisa menopang perut para pendaki.

Fasilitas ini tersebar luas di kaki gunung. Di kaki gunung ini terdapat berbagai warung makan atau restoran.

Salah satu hidangan utamanya adalah Teh Talua Ayam Rimbo, salah satu sajian wisata kuliner terpopuler di Padang. Namanya saja sudah sangat unik, bukan? Terutama rasa.
Tiket Masuk Gunung Singgalang

Sebelum mendaki, setiap pengunjung harus mendaftar di pos pendakian dan kemudian pendaftaran di pra yang sangat murah

LIHAT JUGA :

salsawisata.com

Rental Mobil Jogja