Insektivora adalah: definisi, klasifikasi, ciri, contoh

Pahami insektivora
Buka baca cepat

Insektivora Hewan adalah istilah yang digunakan untuk suatu jenis organisme yang memakan serangga dan hewan kecil lainnya. Atau, singkatnya, pemakan serangga adalah organisme pemakan serangga dan hewan kecil. Hewan yang dimaksud sebenarnya bukanlah hewan besar, melainkan serangga seperti lalat, semut, laba-laba atau katak.
Sifat pemakan serangga hewan

Insektivora-adalah-definisi-klasifikasi-ciri-contoh

Berikut ciri-ciri hewan pemakan serangga, antara lain:

Memiliki ukuran yang kecil.
Merupakan mamalia darat yang hidup di lubang, pohon, atau amfibi.
Memiliki ujung yang tajam.
Area penciuman di kepala lebih panjang dari area tengkorak.
Tidak punya posorbital.
Tulang air mata tidak sampai ke wajah.
Memiliki proses parocipital yang jelas.

Contoh pemakan serangga hewan

Berikut beberapa contoh pemakan serangga hewan, antara lain:
1. Kadal

kadal

Kadal merupakan contoh hewan pemakan serangga, kita sering menjumpai hewan tersebut pada malam hari di dinding rumah kita. Hewan ini tergolong insektivora yang makanan utamanya adalah nyamuk atau hewan kecil lainnya. Kadal juga bisa mematahkan ekornya saat merasa terancam.
Baca lebih lanjut: Memahami Keadilan

2. Laba-laba

laba-laba

Laba-laba adalah arthropoda dan pemakan serangga. Laba-laba membuat jaring dengan tujuan untuk menangkap hewan kecil yang melewati jaringnya. Hewan apa pun yang tertangkap di jaring yang dibuatnya menjadi makanan laba-laba.
3. Pantau kadal

Kadal monitor

Kadal adalah hewan yang termasuk dalam famili reptil, sekaligus kadal besar. Hewan ini tidak hanya memakan serangga tetapi juga hewan lainnya. Seperti rusa, babi hutan dan kerbau karena hewan ini berukuran cukup besar serta memiliki gigi dan kuku yang tajam.
4. tikus

tikus

Hewan yang satu ini merupakan hewan yang sering kita jumpai di rumah kita, atau mungkin juga disebut sebagai hama di rumah kita. Tikus, termasuk mamalia, memakan terutama hewan kecil. Tikus merupakan spesies yang berbeda, selain merupakan pemakan serangga, tikus juga merupakan omnivora.

Pemakan serangga tanaman adalah jenis tanaman pemakan serangga. Tanaman yang termasuk dalam kelompok ini dapat menghilangkan nitrogen dari serangga untuk sintesis protein. Contohnya adalah semarebag (N elephantes sp.), Penangkap lalat Venus (Dionaea muscipula), Punggu Api (Drosera burmannii) dan Sarasenia (Saraccenia sp.), Yang juga dikenal sebagai pemakan serangga.
Sifat pemakan serangga tanaman

Memiliki kantong karena digunakan untuk menyimpan atau menangkap mangsa
Kehadiran nektar, salah satu bahan pembuatan madu, menjadi daya tarik untuk menarik serangga yang akan datang.
Baunya untuk mendekatkan mangsa
Memiliki cairan yang licin karena digunakan untuk menjebak serangga agar tidak terbang lagi
Memiliki katup dan enzim untuk membunuh serangga, biasanya hidup di tanah yang kekurangan nitrogen
Memiliki warna yang cukup mencolok untuk menarik datangnya berbagai jenis serangga. Biasanya, beberapa tanaman pemakan serangga yang ditemukan di alam liar memiliki warna yang lebih mencolok daripada daerah sekitarnya.

Baca lebih lanjut: Otot Lurik
Contoh pemakan serangga

Berikut beberapa contoh insektivora tumbuhan, antara lain:
1. Sarracenia

Sarracenia

Sarracenia merupakan salah satu contoh tumbuhan karnivora yang memakan daging serangga. Bentuk tumbuhan ini memiliki corong panjang dengan kelopak bunga berwarna merah di atasnya. Anda dapat menemukan Sarracenia di Amerika Serikat atau di tenggara Kanada. Teknik Sarracenia untuk menarik perhatian mangsanya adalah dengan mengeluarkan aroma yang sangat harum. Sedangkan pada bagian tepi kelopak bunga sarracenia terdapat cairan yang membuat serangga terpeleset dan jatuh ke dalam corong tanaman ini.
2. Tas Semar

Sesuatu yg memberi ketenangan
Semarag memiliki daun yang berbentuk seperti cangkir, dan bagian dalam daunnya dapat mengeluarkan nektar (bahan untuk madu) berupa cairan yang lengket dan berasa manis. Nektar yang dihasilkan ternyata digunakan sebagai umpan untuk menarik serangga agar berkunjung. Serangga yang tertarik oleh nektar tersebut kemudian hinggap di dinding cawan yang licin. Akibatnya serangga tersebut jatuh ke daun. Ketika serangga terperangkap, bagaimana Anda memakannya? Apakah cairan daun jawabannya? Cairan daun tanaman semarsack pemakan serangga mengandung enzim tripsin dan pepsin yang dapat melarutkan serangga. Perlu dicatat bahwa tripsin dan pepsin adalah enzim yang biasa ditemukan dalam sistem pencernaan hewan.

BACA JUGA :