Javelin adalah: Pengertian, Teknik dan Aturan

Javelin adalah: Pengertian, Teknik dan Aturan

Definisi lempar lembing

Lembing adalah olahraga atletik lempar nomor. Olahraga lembing ini sering dilakukan dengan cara melempar lembing pada jarak tertentu. Tombak itu adalah tombak dengan sudut yang tajam di salah satu ujungnya. Pada dasarnya, melempar tombak berarti melempar tombak dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan jarak sejauh mungkin.

Javelin-adalah-Pengertian-Teknik-dan-Aturan

√ Lempar tombak: definisi, teknik dan aturan

Teknik dasar melempar lembing

Ada juga beberapa teknik dasar lempar lembing yang harus Anda ketahui. Teknik dasar ini termasuk memegang, membawa, atau melempar tombak.
1. Pegang tombak

Cara memegang tombak yang biasa digunakan pelempar adalah cara Amerika dan Finlandia.

Cara Amerika

Pegang tombak di bagian belakang gulungan tombak, lingkarkan jari telunjuk Anda di belakang lingkaran atau tekan ibu jari Anda pada permukaan lain. Sementara itu, jari-jari lainnya juga bisa melilitkan tombak dengan longgar.

Cara Finlandia

Pegang tombak dengan jari tengah dan ibu jari di belakang lingkaran sementara jari telunjuk Anda berada di sepanjang tombak atau miringkan sedikit ke arah yang wajar. Jari-jari lainnya juga melingkar dengan longgar di sekitar tombak.
2. Bawalah tombak

Ada tiga cara membawa tombak yang biasa digunakan pelempar saat melakukan awalan:

Tombak dibawa melewati bahu dengan mata tombak menghadap ke atas.
Tombak dibawa ke belakang tubuh di sepanjang lekukan lengan dengan tombak mengarah ke atas dan ke depan secara miring.
Tombak dibawa melewati bahu dengan tombak mengarah ke bawah pada suatu sudut.

Lihat juga: cermin cekung
Cara melempar tombak

Melempar tombak juga terbagi dalam beberapa tahapan yaitu awalan, lemparan dan sufiks.

Awalan pertama

Awalan ini dilakukan saat tombak dibawa ke atas kepala dengan tangan ditekuk. Arahkan siku ke depan dan telapak tangan ke atas. Posisi tombak yang sejajar dengan garis sejajar dengan tanah. Bagian terakhir dari awalan terdiri dari lagu timbal balik. Di akhir langkah ini, Anda dapat melakukan hal berikut:

Dengan satu langkah panas
Dengan anak tangga melintang di depan (anak tangga melintang)
Dengan langkah silang belakang

Proses transisi (langkah silang) bisa dilakukan dengan menurunkan kaki. Bahu perlahan diputar ke kanan (bukan untuk orang kidal), lengan kanan mulai bergerak atau meregang ke belakang, dengan tubuh bagian atas bersandar ke belakang. Pandangannya akan selalu menatap lurus ke depan.
2. Lempar

Pada gerakan melempar lembing ini, tarik kedua bahu dan lengan kanan Anda untuk melakukan gerakan melempar dengan kuat ke atas melalui sumbu bahu. Tubuh bergerak melewati kaki depan dan kemudian melepaskan tombak.
Akhiran ke-3

Seringkali, gerakan terakhir lemparan ini dilakukan dengan menginjakkan kaki ke depan untuk menyeimbangkan gerakan agar Anda tidak terjatuh atau melewati garis.
Aturan melempar lembing

Ukuran, bentuk, berat minimum atau pusat gravitasi tombak ditentukan menurut aturan Federasi Federasi Atletik Internasional (IAAF). Pada kejuaraan internasional, pria melempar tombak dengan panjang sekitar 2,6 hingga 2,7 meter atau berat minimum 800 gram, sedangkan wanita melempar tombak dengan panjang sekitar 2,2 hingga 2,3 meter dan berat minimum 600 gram.Tombak dilengkapi dengan pegangannya terbuat dari tali atau juga di pusat gravitasi tombak. Untuk pria, pusat gravitasi antara 0,9 dan 1,06 meter, untuk wanita antara 0,8 dan 0,92 meter.
Sejarah lempar lembing

Sejarah tombak kembali jauh ke zaman kuno dan terkait erat dengan berbagai teknik melempar. Pada zaman kuno, melempar digunakan dengan berbagai cara, seperti berdiri dengan sebuah kotak dengan satu atau dua tangan untuk mencapai target. Dari tombak ringan untuk berburu di zaman kuno hingga tombak berat untuk peperangan di seluruh dunia dan tombak dari Abad Pertengahan hingga tombak untuk ras hari ini.
Lihat juga: √Kata Baku Is

Tombak tua itu terbuat dari kayu dengan ujung besi dan sebuah figur. Kemudian diganti dengan kayu ringan dari Swedia. Itu kemudian diubah kembali menjadi logam modern dan tombak fiberglass. Salah satu nomor tersebut adalah nomor olahraga lempar lembing

 

Baca Juga :