Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri, Contoh, Jenis, Kekuatan, Kelemahan

Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri, Contoh, Jenis, Kekuatan, Kelemahan

Pahami pasar oligopoli

Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar dengan persaingan tidak sempurna di mana hanya ada sedikit produsen atau penjual dengan banyak pembeli di pasar. Dalam menjalankan bisnis, periklanan dan promosi memegang peranan yang sangat penting bagi para oligopolis.

Pasar-Oligopoli-Pengertian-Ciri-Contoh-Jenis-Kekuatan-Kelemahan

Iklan dan promosi akan mempengaruhi persepsi konsumen tentang perbedaan antara satu produk dan produk lainnya. Ini karena oligopolis sebenarnya menjual barang yang relatif homogen sehingga bisa saling menggantikan. Oleh karena itu, loyalitas pelanggan pada satu produk harus dijaga agar tidak beralih ke produk lain.
Keuntungan dari pasar oligopoli

Beri pembeli kebebasan memilih

Pasar oligopoli ini menawarkan kebebasan dalam memilih produk. Secara umum, pembeli memperkirakan lebih baik membeli produk apa yang akan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, pembeli tidak ditawarkan secara agresif oleh perusahaan di pasar ini, tetapi oleh pembeli yang memilih untuk membeli produk. dari perusahaan mana.
Dapat melakukan penelitian dan pengembangan produk

Banyak penelitian yang dilakukan di pasar oligopoli ini, seperti penelitian tentang minat pembeli yang banyak membeli dari perusahaan selain milik kita. Ini adalah penelitian untuk pengembangan produk yang dibutuhkan perusahaan ini untuk menarik pembeli dari perusahaan pesaing berkat kualitas produk yang unggul.
Lebih memperhatikan kepuasan pelanggan karena persaingan dari penjual

Kepuasan berpengaruh besar terhadap pasar oligopoli ini, karena ketidakpuasan pembeli dapat membuat pembeli tidak puas dan juga beralih ke produk lain dari perusahaan lain. Oleh karena itu banyak perusahaan memberikan pelayanan yang baik agar pembeli dapat puas dan terus menerus membeli produk dari perusahaan kita.
Penerapan teknologi baru

Menerapkan teknologi baru tentu sangat bermanfaat. Dalam pasar olihopol ini, jika perkembangan teknologi tidak diikuti oleh perusahaan, pembeli dapat lebih memilih produk dari perusahaan lain yang telah menyediakan penerapan teknologi terkini. Karena dengan mengaplikasikan teknologi terkini, perusahaan dapat mengembangkan produknya sedemikian rupa sehingga lebih diminati peminatnya.

Kerugian dari pasar oligopoli

Sering terjadi perang harga antar produsen.
Pemborosan sumber daya ekonomi
Produsen mengeluarkan banyak uang untuk iklan dan promosi agar produknya bisa berbeda dengan produk produsen lain.
Oligopoli memungkinkan seseorang untuk mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap jenis produk atau merek tertentu, sehingga menyulitkan produsen lain untuk bersaing dengan jenis pasar dan konsumen yang sama.
Sulit untuk mencapai distribusi pendapatan.
Karena perusahaan dapat mempengaruhi penentuan harga pasar, maka potensi persaingan harga juga akan semakin besar.
Ada aktivitas pasar yang terlalu banyak digunakan.
Izinkan satu perusahaan memiliki jumlah paten untuk jenis produk tertentu sehingga perusahaan lain dapat membatasi pengembangan jenis produk yang sama.

Karakteristik pasar oligopoli

Berikut ciri-ciri pasar oligopoli, yaitu:

Produk atau barang yang ditawarkan biasanya homogen, tapi dibedakan. Contohnya adalah merk smartphone dan berbagai jenis produk sabun mandi
Ada banyak penjual dengan banyak pembeli atau konsumen sehingga jumlahnya tidak sama
Penjual atau produsen mana pun akan menghadapi persaingan yang ketat dan kemudian menerapkan berbagai strategi periklanan dan promosi, termasuk perang harga, untuk menarik perhatian konsumen.
Produsen di pasar jenis ini memiliki kemampuan atau kewenangan untuk menentukan harga barang yang dijual karena setiap produk memiliki manfaat berbeda yang pada akhirnya berbeda satu sama lain.
Ada sistem penetapan harga di mana ketika perubahan dilakukan oleh satu perusahaan atau pabrikan, perusahaan lain segera menyusul. Sehingga setiap langkah produsen terdengar dan mempengaruhi kondisi pasar. Dalam keadaan ini, penetapan harga akan memiliki tingkat kekakuan tertentu
Bisa dikatakan produsen yang akan bersaing di pasar ini cukup sulit karena harus mengeluarkan banyak modal untuk bersaing dengan produsen lain. Jadi tidak mudah untuk masuk dan keluar dari pasar yang sangat kompetitif ini.

Jenis pasar oligopoli

Jenis pasar oligopoli berikut ini adalah:

Pasar oligopoli murni
Jenis ini merupakan praktek oligopoli dimana barang yang dipertukarkan adalah barang yang identik misalnya

 

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/bokeh/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/bokeh/

https://www.sudoway.id/bokeh/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/alight-motion-pro/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/aplikasi-efek-bokeh/

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/alight-motion-pro-apk/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/alight-motion-pro/

http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/bokeh/

http://ayurf.blog.unjaniyogya.ac.id/bokeh/

http://pgpaud.fip.unp.ac.id/10-aplikasi-video-bokeh-android/