Pengertian manajemen adalah: fungsi, elemen, tujuan, jenis, contoh
Definisi manajemen
Manajemen jangka adalah proses mengatur tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi melalui kolaborasi yang memanfaatkan sumber daya yang ada.
Secara etimologis, kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu “menagement” yang artinya seni manajemen dan implementasi. Manajemen juga dapat didefinisikan sebagai cara untuk merencanakan, mengatur, mengkoordinasikan dan mengendalikan sumber daya untuk mencapai suatu tujuan secara efisien dan efektif.
Dalam hal ini, adalah efektif untuk mencapai tujuan yang berorientasi pada perencanaan dan melakukan pekerjaan dengan baik dan teratur.
Menurut T. Hani Handoko, ada tiga alasan utama diperlukannya pengelolaan:
Manajemen diperlukan agar tujuan pribadi dan organisasi dapat tercapai
Selain itu, manajemen juga penting untuk menjaga keseimbangan antara tujuan, aktivitas dan tujuan yang akan menimbulkan konflik dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingan dalam organisasi.
Manajemen diperlukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas kerja organisasi
Suatu organisasi dalam proses pembangunan membutuhkan manajemen dengan cara yang berbeda. meliputi manajemen strategis, manajemen sumber daya manusia, pemasaran, produksi dan manajemen lainnya.
Pahami manajemen menurut para ahli
Berikut ini adalah beberapa pendapat menurut para ahli ketat, yaitu:
Menurut George R. Terry
Pengertian manajemen adalah proses yang sangat identik yang terdiri dari beberapa tindakan. Merencanakan, memobilisasi, mengatur, dan memantau.
Semua hal tersebut dilakukan untuk menentukan dan sekaligus mencapai tujuan atau sasaran tersebut, dengan menggunakan semua sumber daya, termasuk manusia dan sumber daya lainnya.
Menurut Mary Parker Follet
Istilah manajemen adalah seni melakukan pekerjaan melalui orang lain. Dengan kata lain, seorang manajer bertanggung jawab untuk mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut Henry Fayol
Pengertian manajemen adalah proses pengorganisasian, perencanaan, pengkoordinasian dan pengendalian / pengendalian sumber daya yang ada guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Fungsi manajemen dalam bisnis
Fungsi manajemen mengacu pada unsur-unsur dasar yang harus melekat pada manajemen sebagai acuan bagi seorang manajer dalam menjalankan tugasnya guna mencapai tujuan melalui pengorganisasian, perencanaan, pengkoordinasian dan pengendalian.
Manajer akan secara aktif memantau sumber daya yang telah diatur sebelumnya dan memastikan bahwa yang telah dilakukan sesuai dengan yang direncanakan. Adanya kesalahan atau penyimpangan dalam pelaksanaan suatu tugas dapat diperbaiki menjadi pelajaran dalam perencanaan pada tahap selanjutnya.
Klasifikasi masing-masing sumber daya juga sangat penting untuk dijadikan bahan klasifikasi agar tidak hanya pengelola yang mendominasi. Bisnis yang baik adalah bisnis yang anggotanya dapat bekerja sama sebagai satu tim dan bekerja pada waktu yang sama.
BACA JUGA :
- Pengertian dan Jenis Struktur Organisasi
- Paragraf deskriptif adalah: Pengertian, Ciri, Bentuk, Jenis
- Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri, Contoh, Jenis, Kekuatan, Kelemahan
- Javelin adalah: Pengertian, Teknik dan Aturan
- Aplikasi perekam video Android dengan efek
- Cara mengubah tema di Windows 10
- Cara Memindahkan File Media WhatsApp ke Memori Eksternal
- Cara Membedakan Burung Panca Warna Jantan dengan Betina
- Apakah http //luckyspin.get-item.tk/ Situs Berbahaya?
- Peran dan Fungsi Keluarga Serta Ciri-Ciri