Pengertian manajemen adalah: fungsi, elemen, tujuan, jenis, contoh

Pengertian manajemen adalah: fungsi, elemen, tujuan, jenis, contoh

Definisi manajemen

Manajemen jangka adalah proses mengatur tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi melalui kolaborasi yang memanfaatkan sumber daya yang ada.

Pengertian-manajemen-adalah-fungsi-elemen-tujuan-jenis-contoh

Secara etimologis, kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu “menagement” yang artinya seni manajemen dan implementasi. Manajemen juga dapat didefinisikan sebagai cara untuk merencanakan, mengatur, mengkoordinasikan dan mengendalikan sumber daya untuk mencapai suatu tujuan secara efisien dan efektif.

Dalam hal ini, adalah efektif untuk mencapai tujuan yang berorientasi pada perencanaan dan melakukan pekerjaan dengan baik dan teratur.

Menurut T. Hani Handoko, ada tiga alasan utama diperlukannya pengelolaan:

Manajemen diperlukan agar tujuan pribadi dan organisasi dapat tercapai
Selain itu, manajemen juga penting untuk menjaga keseimbangan antara tujuan, aktivitas dan tujuan yang akan menimbulkan konflik dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingan dalam organisasi.
Manajemen diperlukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas kerja organisasi

Suatu organisasi dalam proses pembangunan membutuhkan manajemen dengan cara yang berbeda. meliputi manajemen strategis, manajemen sumber daya manusia, pemasaran, produksi dan manajemen lainnya.
Pahami manajemen menurut para ahli

Berikut ini adalah beberapa pendapat menurut para ahli ketat, yaitu:

Menurut George R. Terry

Pengertian manajemen adalah proses yang sangat identik yang terdiri dari beberapa tindakan. Merencanakan, memobilisasi, mengatur, dan memantau.

Semua hal tersebut dilakukan untuk menentukan dan sekaligus mencapai tujuan atau sasaran tersebut, dengan menggunakan semua sumber daya, termasuk manusia dan sumber daya lainnya.
Menurut Mary Parker Follet

Istilah manajemen adalah seni melakukan pekerjaan melalui orang lain. Dengan kata lain, seorang manajer bertanggung jawab untuk mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut Henry Fayol

Pengertian manajemen adalah proses pengorganisasian, perencanaan, pengkoordinasian dan pengendalian / pengendalian sumber daya yang ada guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Fungsi manajemen dalam bisnis

Fungsi manajemen mengacu pada unsur-unsur dasar yang harus melekat pada manajemen sebagai acuan bagi seorang manajer dalam menjalankan tugasnya guna mencapai tujuan melalui pengorganisasian, perencanaan, pengkoordinasian dan pengendalian.

Manajer akan secara aktif memantau sumber daya yang telah diatur sebelumnya dan memastikan bahwa yang telah dilakukan sesuai dengan yang direncanakan. Adanya kesalahan atau penyimpangan dalam pelaksanaan suatu tugas dapat diperbaiki menjadi pelajaran dalam perencanaan pada tahap selanjutnya.

Klasifikasi masing-masing sumber daya juga sangat penting untuk dijadikan bahan klasifikasi agar tidak hanya pengelola yang mendominasi. Bisnis yang baik adalah bisnis yang anggotanya dapat bekerja sama sebagai satu tim dan bekerja pada waktu yang sama.

 

BACA JUGA :