Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya

Deskripsi: Fungsi Microsoft Excel bukan hanya sebagai perangkat lunak pengolah data / angka. Berikut adalah penjelasan lengkap cara kerja dan penggunaan Ms. Excel.

Pengertian-Microsoft-Excel-dan-Fungsinya

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.blogpress.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya

Saat ini Microsoft Excel merupakan software pengolah data terbaik di dunia. Fungsi dari software ini sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan kantor.

Jika dijelaskan secara detail, masih banyak fungsi Microsoft Excel yang bisa digunakan secara maksimal. Salah satunya untuk penggunaan sehari-hari.

Ya, software besutan Microsoft Corporation ini berfungsi tidak hanya untuk urusan kantor, tapi juga untuk pekerjaan sehari-hari.

Bagi Anda yang hanya menggunakan Excel untuk mengolah data perusahaan, inilah informasi yang harus Anda cek.

Fungsi umum Microsoft Excel

Fungsi Microsoft Excel

Sebelum masuk ke fungsi dan penggunaan fungsi Excel untuk penggunaan sehari-hari, Anda akan menemukan fungsi Excel umum di sini. Ya, fitur ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengolah data / angka dalam skala besar.

1. Proses pengelolaan data

Fungsi pertama adalah manajemen data. Biasanya, perusahaan menggunakan Excel untuk mencari rata-rata, menghitung mean, dan menemukan nilai maksimum dan minimum data. Contoh penerapan yang sebenarnya adalah perhitungan persediaan di dalam dan di luar perusahaan.

2. Administrasi (akuntan)

Fungsi kedua adalah untuk proses administrasi. Meja kerja biasanya dilakukan oleh seorang akuntan. Pekerjaan Anda tidak akan jauh dari perangkat lunak. Contoh penerapan aktualnya adalah mencatat pendapatan dan pengeluaran perusahaan.

3. Operasi meja

Fungsi dan manfaat Microsoft Excel selanjutnya adalah untuk memasukkan dan mengolah data dalam tabel yang biasa disebut dengan operasi tabel.

Dengan bantuan 1.084.576 baris dan 16.384 kolom, perusahaan dapat melakukan operasi tabel dengan jumlah entri data yang tidak terbatas. Pelajari cara membuat tabel di Excel.

Contoh aplikasi sebenarnya adalah penyajian data survei suatu perusahaan. (Fakta menarik: jumlah baris dan kolom di Ms. Excel, jika diberikan, memiliki luas yang sebanding dengan Atlantik. Dengan asumsi 1 kolom = 1 monitor LCD).
4. Dapatkan gelar

Ya, ini adalah fungsi Excel yang paling dasar / umum. Hampir semua fitur di Microsoft Excel sangat membantu perusahaan dalam menghasilkan laporan keuangan berskala besar.

Saat melakukan data dan perhitungan, itu harus melalui proses yang sangat kompleks. Oleh karena itu, orang-orang yang bekerja di bagian manajemen keuangan perlu mengenal ms. melampaui.

Anda perlu memahami betul bagaimana menggunakan kapabilitas Excel untuk membuat laporan keuangan perusahaan seakurat dan sejelas mungkin.
5. Pembuatan grafis

Fungsi selanjutnya adalah membuat grafik di Excel. Biasanya, data masukan tentang pemantauan variabel tertentu.

Ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah menggunakan wizard diagram dan fungsi Excel lainnya.

Contoh aplikasi sebenarnya adalah representasi grafis dari hasil pemantauan pelanggaran arus lalu lintas dalam satu tahun. Atau representasi grafis dari hasil pemantauan penduduk di Area X.
6. Membuat data statistik

Statistika adalah ilmu yang berhubungan dengan analisis, penyajian, dan inferensi data. Statistik dibutuhkan dalam suatu perusahaan untuk membuktikan hasil penelitian.

Biasanya, data statistik dihasilkan dalam bentuk diagram atau lingkaran. Contoh penerapan sebenarnya adalah representasi grafis dari hasil penelitian tentang minat beli suatu produk.

Atau untuk menyajikan data penelitian tentang jenis parfum yang disukai wanita Indonesia. Ini sangat sering digunakan oleh perusahaan sebagai bahan evaluasi.
7. Fungsi untuk lembar kerja kolaboratif

Fungsi Excel terakhir adalah untuk lembar kerja bersama. Ya, kita sama-sama tahu bahwa Microsoft Excel selalu diupdate ke versi terbaru yaitu spreadsheet.

Di sini setiap orang dapat mengakses lembar kerja bersama untuk saling mengoreksi dan mengedit. Contoh aplikasi sebenarnya adalah distribusi pekerjaan yang lebih terstruktur ke semua pekerja kantoran.

Aktivitas spreadsheet juga memungkinkan format asli diimpor dan diekspor sebagai file Excel.

 

  Lihat Juga : edit video