Ini 9 Penyebab HP Mati Sendiri & Cara Mengatasinya

Penyebab HP Mati Mendadak

Ini 9 Penyebab HP Mati Sendiri & Cara Mengatasinya

Memang repot jika ponsel kita tiba-tiba mati, apalagi saat kondisi kritis dan kita sedang melakukan banyak hal penting. Oleh karena itu Tim Kompiwin disini akan membahas tentang penyebab HP tiba-tiba mati, agar pengguna menjadi lebih waspada dan antisipasi.

Kebiasaan tak terduga memang menyebalkan. Misalnya kita sedang bermain game online, di tengah pertandingan, HP tiba-tiba mati.

Makin parah saat kita sedang mengerjakan tugas atau laporan kerja di hp kita belum sempat pencet tombol simpan, hp mati duluan.

Penyebab hp mati mendadak bisa kita simpulkan beberapa hal, yang jelas device anda tidak dalam kondisi sehat terutama sistem internal yang suka memberikan komunikasi Power OFF tanpa konfirmasi dari pengguna.
Penyebab HP Mati Mendadak

Sebenarnya error tersebut tidak muncul murni dari kegagalan sistem internal, namun faktor kerusakan pada komponen hardware juga bisa memicu ponsel mati dengan sendirinya.

Jangan khawatir, Tim Kompiwin telah merangkum beberapa poin yang diduga bermasalah dengan HP Anda.
1. Kerusakan Baterai Baterai HP Rusak

Sebagai perangkat portabel dan dapat dibawa kemana-mana, ponsel mengandalkan perangkat baterai sebagai catu daya untuk menghidupkan sistem operasi di dalamnya.

Karena itulah baterai memiliki peran penting dalam sebuah perangkat mobile.

Kesehatan baterai sering diabaikan oleh pengguna, padahal bagian ini cukup sensitif jika penggunaan di luar batas normal.

Tanda-tanda baterai rusak adalah, pertama sering memanas secara tiba-tiba, konsumsi daya yang tidak masuk akal, ketika charger mengisi daya lebih cepat dari batas normal dan karakteristik fisik baterai akan mengembang.

[powerkit_separator style=”putus-putus” height=”3″]
2. Masalah Sistem HP Terkena Virus

Penyebab HP mati secara tiba-tiba bisa dari kerusakan sistem hingga menyebabkan kegagalan komunikasi.

Sehingga sistem di dalam ponsel tidak berfungsi dengan baik, efeknya ada beberapa pengaturan yang terganggu dan salah satunya menyebabkan ponsel mati secara tiba-tiba.

Faktanya bisa dari virus, bug, atau malware yang bersarang di file internal memori ponsel.

Jadi bagi anda untuk berhati-hati dalam mentransfer file, mendownload data dari internet, karena dikhawatirkan file yang merusak akan muncul seperti di atas.

[powerkit_separator style=”putus-putus” height=”3″]
3. Efek Rooting Root HP

Siapa yang pernah root? Mendobrak sistem HP seperti ini memiliki kelebihan yaitu dapat mengupdate sistem menjadi lebih maju.

Tetapi efek samping setelah rooting tidak terlalu baik untuk penggunaan normal jangka panjang.

Banyak sistem data dari pabrik yang telah dirusak, sehingga ada satu atau dua bagian yang tidak kompatibel lagi sehingga menyebabkan error seperti HP tiba-tiba mati.

Padahal gejalanya bukan hanya hp suka mati sendiri, tapi banyak fungsi internal lainnya yang suka error sendiri.

[powerkit_separator style=”putus-putus” height=”3″]
4. Pemakaian Lama Bikin HP Overheat

Dalam mengoperasikan HP jangan melebihi kapasitasnya. Misalnya, digunakan untuk bermain game sepanjang hari juga tidak baik untuk kondisi kesehatan ponsel.

Karena dengan memaksa sistem bekerja ekstra seperti ini bisa membuat suhu HP naik dan overheat.

Risikonya antara lain penyebab HP mati mendadak, bahkan ada kasus perangkat terbakar dan meledak karena korsleting.

Dikhawatirkan suhu panas akan melelehkan komponen internal lainnya, sehingga mengurangi aktivitas berlebihan.

[powerkit_separator style=”putus-putus” height=”3″]
5. Memori RAM Penuh

Lalu penyebab ponsel mati mendadak bisa jadi dari penggunaan chipset (CPU) yang terlalu tinggi dan kapasitas RAM yang penuh.

Chipset tersebut memiliki sistem reset otomatis jika digunakan untuk kebutuhan overload jangka panjang. Settingan itulah yang membuat HP tiba-tiba mati.

Penggunaan memori RAM yang berlebihan juga bisa memicu HP lag hingga hang. Jika sudah maksimal, HP akan merespon dengan mematikan dirinya sebagai tindakan istirahat untuk sementara waktu.

[powerkit_separator style=”dotted” height=”3″]
Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

Setelah mengetahui penyebab HP mati mendadak, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kali ini adalah:

Lakukan reset data pabrik.
Kembalikan sistem root atau unroot.
Membersihkan sampah.
Gunakan pembersih RAM yang sudah tersedia di Playstore.
Ganti baterai jika sudah rusak.
Periksa komponen lain yang rusak.
Batasi penggunaan HP secara ekstrim.

Sumber :