3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan

3 Contoh teks laporan observasi lingkungan rumah

3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan

Contoh teks laporan observasi lingkungan rumah dan strukturnya
LINGKUNGAN RUMAH
Contoh teks laporan observasi lingkungan rumah
LINGKUNGAN PERUMAHAN

Dalam penulisan teks laporan hasil observasi harus sesuai dengan data di lapangan. Selain itu, jika pada saat penelitian ternyata datanya berbeda, Anda harus menulis ulang data yang ada.

Penulis diharuskan menelusuri informasi di lapangan karena merupakan informasi terbaru yang akan dimasukkan dalam laporan. Setelah Anda melakukan penelitian, kompilasi hasilnya dalam bentuk teks LHO.

Baca Juga: 4 Contoh Teks Laporan Hasil Pengamatan dan Strukturnya

Sebelum melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu memahami struktur pembuatan teks LHO. Berikut adalah struktur yang benar saat membuat laporan observasi:
1. Pernyataan Umum

Di bagian pertama ini Anda harus dapat menulis informasi umum. Baik nama maupun catatan tambahan untuk menggambarkan suatu objek. Jadi Anda menulisnya secara rinci dan umum.
2. Deskripsi Bagian

Setelah menulis pernyataan umum, langkah selanjutnya adalah menulis deskripsi khusus. Anda dapat menulis rincian semua hasil penelitian.

Selain itu, Anda juga harus menulis informasi berdasarkan fakta dan data di lapangan. Hindari menulis informasi berdasarkan perkiraan Anda. Setiap data yang Anda terima di lapangan harus ada dalam deskripsi laporan pengamatan.
3. Kesimpulan

Pada bagian terakhir ini Anda harus dapat memberikan gambaran tentang hasil penelitian. Buatlah beberapa kalimat yang sederhana dan mudah dipahami.

Sekarang setelah Anda memahami struktur pembuatan laporan pengamatan, mari berikan contoh laporan pengamatan.

Berikut ini adalah contoh laporan observasi yang dapat digunakan sebagai referensi dalam menulis teks laporan:

Tema: taman halaman belakang

Pernyataan umum:

Taman di belakang rumah tidak terlalu luas karena merupakan tanah sisa dari pembangunan rumah. Namun, di kebun, biasanya digunakan untuk menanam tanaman dan sayuran.

Bahkan, ada taman vertikal di taman belakang. Hal ini membuat suasana tempat tinggal menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Deskripsi Bagian:

Tak jarang taman rumah dijadikan salah satu tempat peristirahatan untuk mendapatkan kenyamanan bersama keluarga. Selain itu bisa juga dijadikan sebagai tempat bermain anak

Taman halaman belakang memiliki berbagai tanaman. Misalnya tanaman hias seperti Kaktus, Sirih Gading, Gelombang Cinta dan masih banyak lainnya.

Selain tanaman hias, ternyata ada juga beberapa sayuran seperti selada, cabai dan daun bawang yang ada di dalam pot. Anda dapat memilih taman halaman belakang Anda kapan saja.

Kesimpulan

Taman belakang bukan sekedar tempat sisa membangun rumah. Keberadaannya bisa digunakan untuk media tanam atau sebagai tempat bersantai bersama keluarga

Sumber :